Selasa, 20 Januari 2015

Daftar Keuangan Yang Harus Disiapkan Untuk Kebutuhan Setelah Menikah


Kebutuhan-kebutuhan setelah menikah
Pernikahan sudah menjadi bagian penting di dalam kehidupan semua orang, setiap manusia ketika sudah dewasa dan matang pasti akan menikah dengan pasangan hidupnya karena menikah adalah impian semua orang apalagi menikah dengan orang yang sangat dicintainya.

Sobat yang sudah cukup umurnya, bagaimana sudah siap belum untuk menikah? Atau masih selektif mencari pasangan hidup yang tepat? Bagi sobat yang sudah punya pacar dan cukup umur tentunya sebaiknya cepat menikah karena pacaran itu rawan dosa tapi kalau menikah rawan nikmat :D

Setiap orang menikah pasti didasari dengan rasa saling mencintai (kecuali karena dijodohkan atau terpaksa) bahkan bagi sebagian orang mau langsung menikah tanpa memikirkan kedepannya, ya karena didasari rasa cinta ini.
Padahal selain cinta ada faktor lain yang harus diperhatikan sebelum menikah yaitu keuangan. Karena setelah menikah kalian berdua akan hidup bersama dan kehidupan kalian akan berubah, menjadi bahagia atau sebaliknya itu kalian yang menentukannya, dan pilihlah pasangan yang mau diajak susah dan senang bersama karena dalam kehidupan kalian sesudah menikah nanti tidak akan selalu senang, pasti ada masa dimana kalian berdua akan merasakan susahnya.


Seperti yang akan saya bahas disini, jika sobat sudah cukup umur untuk menikah dan memiliki pasangan yang tepat maka silahkan tentukan tanggal untuk pernikahan kalian, tapi ingat faktor keuangan setelah menikah nanti juga harus diperhatikan. 
Berikut rute keuangan untuk kepentingan setelah menikah :

Kebutuhan menikah


1. Mengajukan Kredit Untuk Membeli Rumah Atau Mobil
Setelah menikah tentu kalian harus punya rumah sendiri dong, masa pengen numpang dirumah orang tua terus. Daripada kalian ngontrak rumah dan pusing bayar bulanannya lebih baik kalian kredit rumah, ya sama aja sih memang harus pusing mikirin bulanannya, tapi dengan kredit rumah maka rumah tersebut akan menjadi milik kalian dan bisa jadi investasi juga. Tapi bagi sobat yang mampu beli cash ya sebaiknya langsung beli cash saja.
Kalau sobat sudah mempunyai anak pasti akan merasakan saat dimana ingin liburan bersama dan ingin jalan-jalan dengan kendaraan sendiri sekeluarga, ya disaat inilah memiliki mobil memang sangat dibutuhkan.
Tapi untuk yang rumah seharusnya lebih baik jika sobat sudah mempersiapkannya sebelum menikah.


2. Menabung Menggunakan Rekening Bersama
Rekening bersama yang saya maksud disini adalah satu rekening yang dimiliki oleh kalian berdua. Karena setelah menikah semua milik kalian akan jadi milik berdua (ya tapi ada yang bilang uang suami adalah uang istri, dan uang istri tetaplah uang istri. Oke abaikan :D) Agar tidak ada dusta diantara kalian berdua apalagi soal keuangan dan agar bisa dikelola bersama yaitu kalian harus membuat rekening bersama, jadi kalian bisa mengetahui kondisi keuangan kalian secara terbuka.

3. Mempunyai Asuransi
Asuransi itu penting lho sob, terutama asuransi kesehatan karena kita ga tau kapan kita akan jatuh sakit, jika salah satu dari kalian sakit dan punya asuransi kan enak ada yang nanggung biaya berobatnya. Coba kalau tidak punya asuransi, bisa-bisa keuangan keluarga jadi terbebani untuk biaya berobat.
Sekedar info aja nih, Cuma di Indonesia (sebenarnya ga di indonesia juga) agen asuransi yang ngejar-ngejar klien supaya mau ikut asuransi mereka, coba di negara maju, orang-orang yang ngejar agen asuransinya supaya mereka bisa ikut asuransi.

4. Buka Tabungan Pendidikan
Kehidupan setelah menikah jika belum mempunyai anak pasti terasa kurang lengkap, anak sebagai titipan dari Allah harus kita jaga dan rawat sebaik mungkin salah satunya dengan memberikan bekal pendidikan untuk kehidupannya ketika dewasa nanti. Sekarang memang banyak pendidikan yang gratis, tapi kalau sobat punya anak gamau kan sekolahinnya asal? Ya uang memang ga bisa bohong, pendidikan yang berkualitas berbanding lurus dengan banyaknya uang yang dikeluarkan.


5. Siapkan Budget Untuk Pergi Liburan
Ketika peran kita masih sebagai anak dan pergi liburan bersama keluarga maka kita tidak perlu memikirkan biaya untuk liburannya, tetapi setelah sobat sudah mempunyai suami/istri dan mempunyai anak, tentu dong ingin menghabiskan quality time bersama dengan pergi berlibur ke suatu tempat. Jadi sisihkan juga ya uang untuk pergi berlibur.

6. Investasi Untuk Hari Tua
Setelah sobat pensiun dan sudah tidak produktif lagi maka sobat akan mendapat dana pensiun untuk pegawai swasta, dan dana pensiun bulanan untuk pegawai negeri. Walaupun mendapat dana pensiun tentu itu akan habis untuk kebutuhan sehari-hari, jadi diperlukan untuk berinvestasi untuk dana di hari tua nanti. Kenapa tidak menabung saja? kalau menabung untuk jangka pendek saja, tetapi Untuk jangka panjang saya lebih menyarankan investasi,  karena setiap tahun harga-harga barang meningkat secara umum dan terus menerus atau yang biasa disebut inflasi, jadi uang yang sobat kumpulkan sejak dini ketika sudah tua nanti hanya bisa dibelikan barang yang jika dibelikan skrg bisa mendapatkan lebih banyak.


Bagi sobat-sobat yang sudah cukup lama membangun rumah tangga bisa share pengalamannya disini, artikel ini saya buat berdasarkan referensi di internet dan beberapa teman yang sudah menikah dan bukan pengalaman pribadi karena saya sendiri juga belum menikah :D 

Baca juga tulisan menarik lainnya :

1 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar yang relevan. Jika komentar tidak relevan dan mengandung link maka komentar akan saya hapus. Silahkan berikan kritik dan saran anda agar artike di blog ini bisa lebih bermanfaat lagi.