Jumat, 10 Oktober 2014

Pilih Blogger Atau Wordpress? Mana Yang Lebih Baik?

Kelebihan Dan Kekurangan Blogger Dan Wordpress


Kelebihan Dan Kekurangan Blogger Dan Wordpress


Ketika sobat ingin membuat blog mungkin sobat akan dihadapkan dengan 2 pilihan, membuat blog berplatform blogger atau wordpress? Ya blogger dan wordpress adalah platform blog yang paling populer tetapi diantara kedua platform tersebut tentu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Silahkan sobat simak dulu artikel ini sebelum membuat blog sebagai pertimbangan untuk memilih blogger atau wordpress dan mana yang terbaik untuk anda?

Baca juga : Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Kelebihan Blogger :

1. Mudah Digunakan Oleh Pemula

Di internet lebih banyak tutorial blog tentang blogspot dibanding wordpress sehingga memudahkan pemula untuk mempelajari blogger.

2. Tersedia Banyak Template Gratis

Jika sobat sedang browsing template gratis pasti kebanyakan yang akan sobat temukan adalah template yang diperuntukan untuk blogspot (blogger), mungkin ini karena membuat template blogspot itu sangat mudah.

Tapi perlu saya ingatkan karena tersedia banyak template gratis bukan berarti sobat bisa sering berganti template, kenapa? "Inilah Akibatnya Jika Anda Sering Ganti Template Blog"

3. Mudahnya Edit Template

blogger memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk mengedit template, Berbeda dengan wordpress, di wordpress jika penggunanya ingin mengedit template diharuskan memiliki domain dan hosting sendiri. 

4. Membatasi Komentar

Di blogger anda bisa membatasi komentar dari pengunjung blog anda hanya dengan akun google, open ID, anonim dll.

5. Tampilan Dashbord Yang Mudah Dimengerti

Saya sendiri ketika baru terjun kedunia blogging saya memilih blogger dibanding wordpress, dan saya cepat mengerti dengan tampilan  dashboard dan sistem nagivasinya. kalau wordpress, sampai sekarang juga saya masih kurang paham untuk menggunakannya.

Baca Juga : Berbagai Cara Para Blogger Membuat Artikel Untuk Blognya

Kekurangan Blogger :

1. Blogspot hanya bisa impor blog dari sesama blogspot

2. Kapasitas penyimpanan video dan gambar yang sedikit

3. tidak bisa memoderasi dan mengedit komentar yang masuk, hanya bisa dibiarkan ada atau dihapus.

4. Tidak bisa memindahkan kehosting milik sendiri (hosting berbayar).Baca juga : Manfaat Dan Kegunaan Blog
Kelebihan Wordpress :

1. Kapasitas Penyimpanan Video Dan Gambar

Wordpress memberikan kapasitas kepada penggunanya untuk menyimpan video sebanyak 3GB dibanding blogger yang hanya 1GB, jika penggunanya ingin mendapat kapasitas yang lebih besar bisa dengan mengupgradenya.

2. Lebih SEO Friendly Dan Tersedia Banyak Plugin

Plugin di wordpress lebih banyak dibandingkan plugin di blogger, Plugin SEO juga tersedia di wordpress sehingga memudahkan penggunanya untuk mengoptimalkan SEO blognya dibandingkan dengan blogger yang harus bermain html untuk mengoptimalkan SEO blognya.

3. Fitur Komentar

Di Wordpress anda bisa memoderasi dan mengedit komentar yang masuk, jika di blogger anda hanya bisa "Biarkan tetap ada atau menghapusnya" form komentar dari wordpresspun cukup user friendly (mudah digunakan) dan proteksi spamnya pun juga sangat bagus.

Baca juga : Tips Membuat Pengunjung Betah di Blog Anda

4. Impor Blog

Jika diblogspot anda hanya bisa impor blog dari sesama pengguna blogspot. Tetapi tidak di wordpress, wordpress bisa menerima impor blog dari blogger, 360, Yahoo!, Typad, dan LiveJournal and Movable Type.


Kekurangan Wordpress : 

1. Tidak Bisa Pasang Script Adsense

2. Harus memiliki domain dan hosting gratis untuk edit template

3. Harus upgrade ke versi berbayar untuk edit CSS

4. Tutorial blogging yang masih sedikit


Saran saya kalau sobat ingin membuat tampilan blog yang keren atau unik bisa memilih blogspot, karena tampilan wordpress itu simple jadi lebih user friendly lah. 

hasil browsing saya di internet katanya wordpress tidak bisa pasang script adsense, jadi kalau mau ikut program PPC ya sobat harus menggunakan blogger. 

Semoga dengan artikel ini anda sudah bisa menentukan pilihan ingin memilih blogger atau wordpress. Sangat susah untuk memilih mana yang lebih sempurna, tapi pilih yang yang paling sesuai dengan keinginan anda dan bisa membantu kekurangan anda.

Jika ada yang salah tentang wordpress mohon dikoreksi ya karena saya juga belum terlalu paham tentang wordpress. :)

Baca juga tulisan menarik lainnya :

15 komentar:

  1. kondisonal ini mas kalau masalah mesin blog, wordpress sendiri juga ada 2 yang subdomain dan self host, kalau pilih pakai wp subdomain yang jelas sebagai pengguna g bisa berkreasi, modifikasi tampilan, kalau yang self host enak juga bisa modifikasi, cuma y itu kalau yang self host kudu nyiapin dana lebih untuk sewa domain dan hosting, kalau pakai yang gratisan banyak problemnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pakai yang hosting dan domain sendiri sama aja jadinya website dong ya bukan blog? kayak website berplatform wordpress, joomla, Mysql, dll. saya soalnya belum terlalu paham tentang wordpress :D

      Hapus
    2. blog walking..
      menurut saya tetap blog gan, karena platform w/p sudah menyiapkan segalanya, tinggal dipake. beda sama website yang membutuhkan persiapan segala sesuatunya dari nol. sori, itu pendapat saya.
      tapi terusterang artikel ini menarik. setelah saya baca, saya jadi punya kesimpulan sendiri: blogger/blogspot cocoknya buat para kere-aktif seperti saya (maaf becanda..) yang ingin berkreasi tanpa modal. kalaupun ada kecenderungan "berpenghasilan dari blog" itu sifatnya "sukur2 kalo dapet". dalam hal ini saya berterimakasih sama mbah google yg udah nyediain media gratis buat para kere-aktif seperti saya. beda dengan wordpress. sebagai media opensource dia hanya menyediakan basicnya saja, tapi ditangan orang berduit w/p akan menjadi "sesuatu" termasuk untuk urusan earning..
      begitu kira2. hehe..

      Hapus
    3. Saya juga sama gan, ingin mendapatkan keuntungan dari blog saya. :) tapi semua itu butuh persiapan :) Yangpenting harus semangat dan jangan putus asa ditengah jalan :D

      Hapus
    4. Haha, maaf kalo sok tahu. Menurut pengalaman, buku, dan sumber lainya yang pernah saya baca. Blog itu tetep website gan, cuma hostingnya milik orang aja gituu jadi biar ada kastanya mungkin wkwkwk biar yang bayar gak disamain hahaha.... Web itu situs penyimpanan data, site itu alamat, jadi secara bahasa website adalah alamat situs sebuah data (misalkan : artikel, photo DLL), jadi blog itu ttep aja website. Apakah blog termasuk web ? Termasuk gan soalnya ia lah, karna blog pun tempat penyimpanan sebuah data. Contoh lainya yang terkecil dan simple adalah folder di komputer anda, jika anda masuk ke folder pasti ada alamatnya (mislakan = :C/..../folder/contoh) mah itu sebuah data, nah website maupun blog itu sama kerjanya seperti itu, umpamakan web/blog itu folder di komputer anda dan data yang menyimpan folder itu adalah hostingnya, lalu anda buka folder itu gan, pasti ada alamatnya bukan ? Nah itu lah website/blog. Kerjanya seperti folder bahkan memang sebuah folder atau penyimpanan data. Hanya disimpan dalam tempat berbeda. Jika folder di simpan di komputer kalau web/blog/folder ini disimpan di internet. Jika tidak percaya silahkan anda buka salah satu folder anda lalu copy url folder tersebut dan pastekan urlnya ke google chrome atau browser yang anda gunakan, layaknya mencari web saja. Pasti di browser tersebut terbuka folder yang anda copy urlnya tadi, nah itu kerjanya, hanya website/blog menampilakan isinya dan disimpan di internet sehinggan bisa dilihat oleh orang lain blog/web/folder tersebut. Yang membedakan dengan folder di kompi anda adalaha dalam penampilanya gan... Thanks semoga bisa dimengerti oleh yang membaca ini..
      *CMIIW

      Hapus
    5. Ya intinya blog itu hostingnya disediakan dengan gratis jadi istilahnya tinggal jadilah sedangkan kalau website butuh proses untuk bikinnya dan modal buat nyewa hosting dan domain, kalau saya sih lebih milih website karena kalau blog bisa-bisa sewaktu-waktu kalau melanggar aturan bisa dihapus blognya.

      Hapus
  2. klo saya mending pilih blogger karena lebih gampang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya juga pilih blogger karena lebih simple dalam edit templatenya dan bisa pasang iklan :D tp berikutnya saya ada rencana buat bikin website berbasis wordpress

      Hapus
  3. Kalo wordpress.com vs blogger.com pemenangnya adalah blogger.com..
    Tapi Kalo wordpress self hosting vs blogger.com pemenangnya adalah wordpress self hosting..
    intinya pilih salah satu platforn yang dirasa nyaman di hati,,atau aktifitas blogging akan terhenti ditengah jalan Karena bingung memilih platform..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul tuh sob, nanti ane kalau niat bikin web saya bikin yang berbasis wordpress :D

      Hapus
  4. kalo dibanding joomla gmn gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau joomla kan perlu sewa hosting, sama kayak wordpress self hosting. tp kalau disuruh milih, saya lebih milih wordpress self hosting,

      Hapus
  5. jadi sebenarnya wordpress itu harus bayar ya gan ?
    by : http://www.paytren-id.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bayar itu yang self hosting bro :D tp kalau nyewa self hosting ya jadinya website.

      Hapus
  6. Apa kegunaan apabila sering ganti template? Toko Online Murah

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar yang relevan. Jika komentar tidak relevan dan mengandung link maka komentar akan saya hapus. Silahkan berikan kritik dan saran anda agar artike di blog ini bisa lebih bermanfaat lagi.