Kamis, 11 Desember 2014

Pembagian Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi

Pembagian Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi

Pembagian Ilmu Ekonomi, ekonomi deskriptif, teori ekonomi dan ekonomi terapan

Tag : Pembagian ilmu ekonomi, pengertian ekonomi deskriptif, teori ekonomi, ekonomi terapan, cabang ilmu ekonomi,  pengertian ilmu ekonomi moneter, industri, regional, publik, sumber daya alam, sumber daya manusia, internasional dan ilmu ekonomi syariah

Akhirnya pada kesempatan kali ini saya bisa membuat artikel baru yang bisa dibaca oleh pengunjung blog ini, beberapa waktu lalu saya tidak sempat untuk update artikel pada blog ini dikarenakan sedang melaksanakan Ujian Tengah Semester.
Pada artikel ini saya akan mendeskripsikan atau membahas dengan lengkap tentang Pembagian Ilmu Ekonomi dan Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi. Oke tidak usah basa-basi lagi, langsung saja kita simak wacana berikut ini :
Dikarenakan ruang lingkup pembahasan ilmu ekonomi itu sangat luas dan beragam, maka ilmu ekonomi dapat dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu ekonomi deskriptif, teori ekonomi dan ekonomi terapan.

1. Ekonomi Deskriptif (Descriptive Economics)
Bekerja dengan mengumpulkan informasi-informasi mengenai masalah ekonomi, kelompok ekonomi deskriptif ini menggambarkan keadaan perekonomian yang sebenarnya terjadi di masyarakat.
Ekonomi deskriptif memberikan keterangan tentang fakta-fakta atau data empiris yang ada. Contohnya asal usul serta sejarah lembaga ekonomi, struktur serikat buruh, dan jumlah angkatan kerja. Tidak ada pernyataan evaluatif atau penilaian atas fakta-fakta itu dan penjelasan mengapa fakta-fakta itu terjadi pada ekonomi deskriptif.

2. Teori Ekonomi (Economic Theory)
Hubungan peristiwa masalah ekonomi yang satu dan yang lain dan merumuskannya menjadi hukum ekonomi yang digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan kebijakan ekonomi.
Teori ekonomi merupakan konsep yang berasal dari data-data konkret yang diolah, diuji coba serta disusun sehingga akhirnya membentuk asumsi yang bersifat umum. Teori Ekonomi dapat dibagi menjadi “Ekonomi Makro” dan Ekonomi Mikro”.


Ekonomi Makro mempelajari mekanisme kerja perekonomian secara keseluruhan. Ekonomi makro menganalisis masalah ekonomi yang luas seperti pendapatan nasional, tingkat harga, inflasi, tingkat pertumbuhan ekonomi, dan tingkat pengangguran.
Contoh : Peranan pemerintah dalam mengatasi masalah ekonomi.
Tujuan : Memahami berbagai permasalahan dan peristiwa ekonomi dan merumuskan serta memperbaiki kebijakan ekonomi.

Ekonomi Mikro mempelajari perilaku dari unit-unit individual dan rumah tangga produksi atau perusahaan dalam mengalokasikan sumber daya yang terbatas.
Contoh : Membahas tingkat upah tenaga kerja

3. Ekonomi Terapan (Applied Economics)
Ekonomi terapan termasuk dalam kebijakan keputusan dan penerapan teori-teori ekonomi dalam memecahkan permasalahan ekonomi berdasarkan bukti empiris.
Contoh hipotesis yang diuji adalah pengaruh harga minyak dunia terhadap nilai dolar AS atau kebenaran bahwa stimulus fiskal mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Cabang-cabang ilmu ekonomi, pengertian ilmu ekonomi moneter, industri, regional, publik, sumber daya alam, sumber daya manusia, internasional dan ilmu ekonomi syariah

Ilmu ekonomi dapat dibagi menjadi delapan cabang sebagai berikut :

1. Ilmu ekonomi moneter.
Ilmu ekonomi moneter adalah cabang ilmu ekonomi yang menganalisis kebijakan moneter seperti tentang uang, perbankan, dan lembaga keungan lainnya.


2. Ilmu ekonomi industri.
Ilmu ekonomi industri adalah cabang ilmu ekonomi yang menganalisis terhadap interaksi berbagai perusahaan didalam suatu industri.

3. Ilmu ekonomi regional.
Ilmu ekonomi regional adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas alokasi sumber daya alam yang optimal dan fokus menganalisis interaksi antar daerah dan perkembangan daerah.

4. Ilmu ekonomi publik.
Ilmu ekonomi publik adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas kebijakan pemerintah dalam perekonomian dan menganalisis kebijakan fiskal seperti APBN, APBD, utang pemerintah, pajak, dan retribusi.

5. Ilmu ekonomi sumber daya alam.
Ilmu ekonomi sumber daya alam adalah cabang ilmu ekonomi yang fokus menganalisis masalah dan alokasi sumber daya alam yang optimal menurut ekonomi seperti eksternalitas positif dan negatif.

6. Ilmu ekonomi sumber daya manusia.
Ilmu ekonomi sumber daya manusia adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang faktor produksi tenaga kerja seperti masalah pengangguran, tingkat pendidikan calon tenaga kerja, dan upah minimum.

7. Ilmu ekonomi internasional.
Ilmu ekonomi internasional adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas dan menganalisis tentang kegiaatan perekonomian antar bangsa dan negara. Kegiatan perekonomian tersebut meliputi neraca pembayaran, transaksi perdagangan antarnegara dan aliran investasi antar negara.


8. Ilmu ekonomi ilmu ekonomi syariah.
Ilmu ekonomi syariah adalah cabang ilmu ekonomi yang fokus pada pembahasan tentang penerapan dan analisa ekonomi islam seperti penghapusan riba, prinsip bagi hasil dan zakat.


Ya itulah artikel tentang ”Pembagian Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi” dari kami, semoga artikel dalam blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan mencerdaskan generasi penerus bangsa. Untuk mendapatkan update posting dari kami bisa like fanpage facebook atau follow twitter kami.

Baca juga tulisan menarik lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar yang relevan. Jika komentar tidak relevan dan mengandung link maka komentar akan saya hapus. Silahkan berikan kritik dan saran anda agar artike di blog ini bisa lebih bermanfaat lagi.