Sabtu, 06 Desember 2014

Pengertian Ilmu Ekonomi Dan Kegunaan Ilmu Ekonomi



Pengertian Ilmu Ekonomi Dan Kegunaan Ilmu Ekonomi
Tag : Pengertian ilmu ekonomi, Asal kata ilmu ekonomi, Pengertian ilmu ekonomi menurut Richard G. Lipsey, Pengertian Ilmu Ekonomi menurut N. Gregory, Pengertian ilmu ekonomi menurut Robert B. Ekelund Jr. Dan Robert D Tollison, Pengertian imu ekonomi menurut Paul A. Samuelson, Manfaat ilmu ekonomi, kegunaan ilmu ekonomi.


Kita pasti sering mendengar kata ekonomi dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu pada artikel ini saya akan menjelaskan lebih dalam tentang pengertian ilmu ekonomi beserta kegunaannya.

Kata ekonomi berasal dari bahasa yunani yaitu oikonomia yang berarti manajemen rumah tangga. Oikonomi berasal dari kata oikos yang berarti keluarga atau rumah tangga, dan nomos yang berarti 
aturan, peraturan, atau hukum. Oikonomia adalah sebuah hukum masyarakat dalam mengatur dan memanajemen rumah tangga yang baik. 

Dalam hal ini, bagi orang-orang yunani kuno masalah ekonomi terkait dengan terpenuhi atau tidak kebutuhan pribadinya. Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini masalah ekonomi sudah menjadi masalah publik dan menjadi bahan pembicaraan banyak orang. Karena masalah ekonomi sudah menjadi masalah publik, maka lahirlah ilmu ekonomi.


Didalam kamus besar bahasa indonesia, ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut suatu metode tertentu, yang apat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu dibidang (pengetahuan itu). Sedangkan kata ekonomi berkaitan dengan hal-hal produksi, distribusi, dan konsumsi serta kekayaan seperti dalam hal keuangan, perdagangan, dan perindustrian.

Berikut adalah rumusan-rumusan yang telah disampaikan oleh para ekonom :

1. N. Gregory Mankiw - "Economics is the study of how society manage its scare resources."
("Bahwa ilmu ekonomi adalah studi tentang cara masyarakat mengelola sumber-sumber daya yang langka.") 

2. Paul A. Samuelson - "Economics is the study of how people and society end up choosing, with or without the use of money, to employ scare prductive resource that could have alternative uses to produce various commodities over time and distributing them for consumption now, or in the future, among various people or groups in society."
("bahwa ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang cara orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dalam menggunakan sumber daya produksi yang terbatas tetapi dapat ipergunakan alam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi saat ini atau di masa datang, kepada berbagai orang atau kelompok dalam masyarakat.")

3. Richard G. Lipsey - "Economics is the study of the use of scare resources to satisfy unlimited human wants."
("Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya langka untuk memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas.")


4. Robert B. Ekelund Jr. dan Robert D. Tollison - "Economics is the study of how idividual and societies, exoeriencing virtually limitless wants, choose to allocate scarece resources to best satisfy their wants."
("Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara individu dan masyarakat yang mempunyai keinginan yang tidak terbatas memulih untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas demi memenuhi keinginan mereka.")

Berdasarkan pernyataan yang dikemukakan oleh para ahli ekonomi tersebut, maka disimpulkan bahwa ilmu ekonomi adalah tentang memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas dalam menggunakan sumber daya yang terbatas.

Manfaat dan kegunaan ilmu ekonomi dalam kehidupan sehari-hari

Karena setiap orang akan dihadapkan dengan sumber daya yang terbatas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya maka kita perlu mempelajari ilmu ekonomi. Berikut empat kegunaan utama dari mempelajari ilmu ekonomi :

baca juga : Macam-Macam Kebutuhan Manusia

1. Mengajarkan kita cara berpikir yang dapat kita gunakan setiap hari ketika perlu mengambil keputusan.

Cara berpikir yang dimaksud adalah tiga konsep fundamental dalam ilmu ekonomi yaitu biaya oportunitas, marjinalitas dan efisensi pasar. Dalam mengambil suatu keputusan, maka mengorbankan biaya oportunitas adalah alternatif terbaik. Opportunity Cost (Biaya oportunitas) muncul karena sumber daya yang langka, Marjinalitas adalah proses menganalisis biaya tau manfaat tambahaan yang timbul dari suatu pilihan, dan Efisiensi Pasar adalah suatu pasar dimana kesempatan memperoleh laba terhapus karena sebagian orang mencari peluang laba yang sama sehingga hanya ada sedikit peluang yang tersisa.

2. Agar Kita Dapat Memahami Permasalahan-Permasalahan Global

Pemahaman yang baik akan ilmu ekonomi sangat penting dalam membantu kita mehami permasalahan global seperti menenentukan dimana produk tersebut dibuat. Misalnya untuk produk yang dibuat di Perancis, bisakah produk tersebut dibilang made in France atau buatan Perancis? sedangkan benangnya berasal dari Cina, kainnya berasal dari Indonesia, kancingnya berasal dari Jepang, kapasnya berasal dari India.

3. Dapat Memahami Masyarakat Dengan Lebih Baik

Dengan belajar ilmu ekonomi maka kita dapat mengetahui apa saja yang sedang diinginkan oleh masyarakat sehingga kita bisa mendapatkan untung dari hal tersebut dengan membangun usaha untuk memenuhi kebutuhan mereka.


4. Membuat Kita Menjadi Pemilih Yang Kompeten

Dalam hal berbisnis ketika kita akan mengambil tindakan untuk membuka sebuah usaha sendiri maka diperlukan pemahaman mendasar tentang ilmu ekonomi agar usaha tersebut bisa berjalan dengan baik.

Baca juga tulisan menarik lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar yang relevan. Jika komentar tidak relevan dan mengandung link maka komentar akan saya hapus. Silahkan berikan kritik dan saran anda agar artike di blog ini bisa lebih bermanfaat lagi.