Senin, 26 Januari 2015

Sejarah Dibentuknya Internet

Sejarah Singkat Dibentuknya Internet Dan Perkembangan Internet


Sejarah dibentuknya internet dan perkembangan internet



Pada era digital ini internet sudah menjadi bagian penting dan kebutuhan sehari-hari dalam kehidupan di dunia.  Tidak ada hari yang dilewati tanpa internet, karena dengan internet kita bisa mencari informasi, hiburan, komunikasi dengan sesama,  mengerjakan pekerjaan dengan mudah, dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan jika terhubung ke internet.

Sebagai pengguna internet, tahukah sobat bagaimana sejarahnya internet terbentuk sampai bisa berkembang sampai seperti saat ini? Baiklah berikut jawabannya.

Internet yang kita kenal saat ini awal mulanya berasal dari sebuah jaringan komputer yang dibentuk pada tahun 1969 oleh departemen pertahanan Amerika Serikat atau USDOD (United States Department Of Defence) Atau The Pentagon. Proyek jaringan komputer itu disebut dengan ARPANET (Advance Research Project Agency Network).

Tambahan : Larry Roberts seorang dosen di MIT (Massachusetts Institute of Technology) mulai mengembangkan konsep jaringan komputer pada tahun 1966. Kemudian beliau merencanakan jaringan yang disebut ARPANET yang dipublikasikan pada tahun 1967)


Tujuan dibentuknya proyek ARPANET adalah untuk kepentingan militer dan pertahanan negara. Pemusatan informasi negara di satu titik dinilai rawan dihancurkan jika terjadi peperangan, oleh karena itu jaringan komputer ini berguna untuk melakukan penyebaran informasi dengan cepat, mempermudah komunikasi dan kerjasama antar badan riset negara. Melalui proyek ini, mereka menggabungkan hardware dan software yang berbasis UNIX untuk bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang jauh melalui saluran telepon.

ARPANET yang awalnya hanya menghubungkan 4 situs yaitu University Of California, Stanford Research Institute, University Of Utah, dan Santa Barbara. Lalu pada bulan Oktober 1972 ARPANET mulai diperkenalkan secara umum dan tidak lama kemudian proyek ini mulai berkembang pesat hampir kesetiap wilayah sehingga banyak universitas yang ingin ikut bergabung.

Dikarenakan banyak sekali universitas yang ingin ikut bergabung, maka ARPANET dipecah menjadi dua yaitu MILNET yang berguna untuk kepentingan militer dan ARPANET untuk keperluan non militer. Pada akhirnya kedua jaringan tersebut digabungkan dan dikenal dengan nama DARPA Internet yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.


Berikutnya pada tahun 1982 mulai diperkenalkan protokol standar TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol), lalu pada tahun 1984 mulai dipergunakan sistem DNS (Domain Name Service) dan disusul lahirnya NSFNET (National Science Foundation Network) yang saling menghubungkan seluruh periset dari seluruh negara dengan 5 super komputer.

Pada bulan Maret 1990 ARPANET secara resmi dibubarkan dan kemudian digantikan oleh NSFNET sebagai jaringan riset di Amerika, setelah itu berbagai jaringan internasional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Negara-negara seperti Inggris, Perancis, Skandinavia, Kanada, Jerman, Australia dan Jepang akhirnya segera ikut bergabung.

Pada awalnya, sebelum ditemukan WWW (World Wide Web) internet hanya bisa mengakses layanan berupa teks seperti email, newsgroup (usenet), messaging, remote access. Karena WWW belum dibentuk, maka layanan yang ada saat itu disebut Gopher. Cara kerja Gopher mirip seperti web yang kita ketahui, tetapi hanya bisa mengakses layanan yang berupa teks. Hingga pada akhirnya sekitar tahun 1990 WWW mulai dikembangkan oleh CERN yang berdasarkan proporsal  dan dipimpin oleh Tim Berners Lee. WWW Browser yang pertama baru lahir pada tahun 1992 dengan nama Viola. Viola diluncurkan oleh Pei Wei dan didistribusikan bersama CERN. Browser Viola saat itu masih sederhana, belum secanggih browser modern yang kita kenal saat ini.


Pada 1993 InterNIC mulai didirikan untuk menjalankan layanan pendaftaran domain (alamat web). Bersamaan dengan itu White House (Gedung Putih) mulai online. Pada 1994 penggunaan internet untuk kepentingan komersial dimulai dengan dipelopori oleh perusahaan Pizza Hut, dan Internet Banking pertama kali diaplikasikan oleh First Virtual. 1 Tahun Kemudian Prodigy, America Online, dan Compuserve mulai memberikan akses ke internet bagi masyarakat. Bagi Indonesia baru bisa menggunakan layanan internet sekitar tahun 1994 dan untuk beberaba Universitas seperti Universitas Indonesia sudah tersambung ke jaringan internet lebih dulu dengan menggunakan gateway yang menghubungkan dengan jaringan diluar negeri.

Baca juga tulisan menarik lainnya :

2 komentar:

  1. menambah pengetahuan saya mengenai internet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya senang sob kalau artikel ini bisa bermanfaat :)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar yang relevan. Jika komentar tidak relevan dan mengandung link maka komentar akan saya hapus. Silahkan berikan kritik dan saran anda agar artike di blog ini bisa lebih bermanfaat lagi.