Kamis, 12 Februari 2015

Tips Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat Dan Strategis


Tips mencari dan memiliki lokasi yang tepat dan strategis untuk membuka usaha

Anda ingin mencoba untuk membuka sebuah baru dan menjadi seorang wirausaha? Sebelum memulai dan menjalankan usaha bisnis, ada “hal-hal yang harus dipesiapkansebelum membuka usaha” salah satu yang harus sobat persiapkan sebelum membuka usaha adalah kantor atau toko untuk mempermudah anda menjalankan proses bisnis.

Misalnya jika anda ingin membuka sebuah restoran, tentu anda memerlukan tempat untuk mendirikan restoran tersebut. Cara agar restoran milik anda bisa didatangi banyak pelanggan dan bisa mendapatkan keuntungan yang banyak salah satunya adalah dengan memilih lokasi yang tepat dan strategis untuk restoran anda agar banyak orang bisa dan tertarik untuk mendatangi tempat usaha anda. Berikut Tips Memilih Lokasi Yang Tepat Untuk Membuka Usaha :

1. Berdekatan Dengan Target Pasar

Dalam menjalankan sebuah bisnis, penting untuk mengetahui siapa target pasar anda? Apakah anak-anak, remaja, ibu-ibu, pelajar, mahasiswa, dll. Jika target pasar anda adalah pelajar atau mahasiswa maka pastikan bahwa anda mendirikan kantor atau toko yang berdekatan dengan sekolah atau universitas agar para target pasar anda bisa dengan mudah menjangkau produk atau jasa yang anda sediakan.


2. Lingkungan Sekitar

Lingkungan sekitar anda juga akan berpengaruh dalam kelangsungan usaha anda, perhatikan jenis usaha yang ada di sekitar karena hal ini dapat mempengaruhi minat orang untuk mengunjungi usaha anda.

Misalnya jika anda akan membuka usaha rumah makan maka sebaiknya berada didekat perkantoran, pusat keramaian seperti mall dan gym, dengan begini maka pada jam makan siang banyak karyawan dan pengunjung dari tempat usaha disekitar anda akan mendatangi rumah makan anda.

3. Akses Jalan, Arus Lalu Lintas Dan Infrastruktur

Jika akses jalan ke lokasi usaha anda cukup rumit dan orang yang berlalu lalang melewati lokasi usaha anda hanya sedikit maka besar kemungkinan hanya sedikit orang yang berkunjung ke toko anda. Jadi usahakan cari lokasi usaha yang mudah diakses dan banyak dilewati orang ketika akan pergi atau pulang beraktifitas.

Perhatikan juga infrastruktur yang ada seperti jalan raya, transportasi publik, rumah sakit, kantor pemerintahan, dll dan manfaatkan faktor tersebut untuk mencari peluang usaha yang tepat.

4. Desain Toko yang Mudah Terlihat

Setelah menemukan tempat yang mudah diakses dan dilalui banyak orang, pastikan lokasi usaha anda mudah terlihat oleh orang-orang yang sedang melintas. Untuk menarik perhatian pengunjung anda bisa menggunakan desain yang mencolok seperti warna toko anda, tetapi pastikan juga warna anda cocok dengan usaha anda dan jangan malah membuat pengunjung merasa terganggu dengan warna yang terlalu mencolok. 

Jika ada pohon besar di depan toko anda sebaiknya anda tebang pohon tersebut dan pastikan anda menanam pohon di tempat lain untuk menggantikan pohon tersebut ya. Anda juga bisa memasang plang di depan toko anda dengan tulisan "Stop! Harap Lihat ---> (tanda panah mengarah ke toko anda) sebentar" dan sebagainya.


5. Area Monopoli atau Berbagi Area

Monopoli area berarti pada area tersebut bersih dari persaingan dan kompetitor karena tidak ada bisnis yang sejenis dengan anda, tetapi tentunya anda harus meluangkan lebih banyak waktu, uang dan tenaga untuk promosi. 

Atau anda bisa memilih untuk berbagi area dan pastikan usaha anda siap untuk bersaing dan berkompetisi dengan kompetitor yang sudah lebih dulu menjalankan usahanya, untungnya anda tidak perlu melakukan riset pasar lagi.

6. Legalitas

Sudah menemukan tempat yang tepat dan strategis untuk usaha anda? sebelum membeli atau menyewa tempat tersebut pastikan menyakan surat-surat resmi untuk memastikan kesahan atau legalitasnya. Jangan sampai anda memilih tempat yang illegal karena suatu saat nanti akan menyebabkan masalah seperti penggusuran.

7. Biaya Sewa atau Beli

Kriteria diatas terpenuhi? anda merasa lokasi tersebut tepat dan strategis? umumnya lokasi seperti itu pasti memiliki harga atau biaya sewa yang mahal dan memiliki harga yang selisihnya sangat jauh dengan tempat yang lebih sepi dan ini menyebabkan ketakutan untuk orang yang baru akan memulai usahanya karena takut pendapatan lebih kecil dari pengeluaran.

Tapi tidak usaha takut, pilih saja lokasi tersebut karena dengan lokasi usaha yang tepat dan strategis maka anda akan kedatangan banyak pelanggan dibandingkan memilih tempat yang lebih sepi atau cobalah untuk menyewa selama 2 - 3 bulan, jika selalu rugi karena terbebani dengan harga sewa yang mahal anda bisa memilih antara melakukan promosi dan inovatif agar lebih banyak lagi pelanggan yang datang atau mencari tempat usaha alternatif lainnya.


8. Konsisten Dengan Pilihan Anda

Seorang pengusaha yang konsisten dalam memilih lokasi usaha pasti akan mendapatkan lokasi yang lebih berkualitas, jika sudah menemukan pilihan yang tepat anda harus konsisten dengan pilihan anda, tidak usah takut untuk mencoba dan menentukan pilihan. 

Jika baru dalam hal memilih lokasi yang tepat anda sudah tidak konsisten dan ragu-ragu maka hal ini akan berdampak pada bisnis yang akan anda pegang. Konsisten disini beda dengan nekat, ya walaupun terkadang seorang entrepreneur harus berani lebih nekat untuk menentukan pilihan dalam arti nekat tetapi tetap ada perhitungannya.

Ya itulah tips dan saran dari saya untuk sobat yang ingin menjalankan bisnis baru atau usaha sampingan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga tulisan menarik lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar yang relevan. Jika komentar tidak relevan dan mengandung link maka komentar akan saya hapus. Silahkan berikan kritik dan saran anda agar artike di blog ini bisa lebih bermanfaat lagi.