Rabu, 18 Maret 2015

Cara Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone

Tips Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone

Tips Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone

Saat kuota internet smartphone habis itu adalah hal yang cukup menyebalkan, apalagi kuota habis ketika sedang asik-asiknya atau ketika sedang saat yang penting. Kuota layanan internet atau paket data bisa dibilang adalah sebagai nyawanya smartphone, karena tanpa internet kita tidak bisa melakukan banyak hal seperti BBM, WA, Video Call, browsing, main game online seperti COC, atau yang lainnya.

Pada artikel saya kali ini, setelah sudah hampir seminggu lebih tidak bikin artikel, saya akan membagikan tips menghemat kuota internet pada smartphone anda agar tidak cepat habis, langsung saja sobat simak tips berikut ini.

Baca juga : Tips Agar Hidup Anda Lebih Terasa Bahagia

1. Matikan Auto Update Apps Pada Google Play Store atau App Store

Hal yang pertama menurut saya cukup menguras kuota adalah fitur auto update jika ada versi terbaru dari aplikasi yang terinstal di smartphone anda, jadi sobat matikan saja fitur auto update tersebut dan anda bisa mengupdate file tersebut ketika perangkat anda sudah terhubung ke Wifi.

2. Matikan Fitur Autodownload  seperti pada Whatsapp

Jika auto download anda aktif, maka ketika ada yang mengirimkan anda sebuah file maka otomatis akan langsung didownload, hal ini sangat membuang kuota apalagi jika size file tersebut sangat besar atau anda sedang tidak membutuhkan file tersebut.

Untuk menghindari hal ini, anda bisa mematikan fitur auto download dengan cara : setting -> chat setting -> media auto download -> silahkan sobat non aktifkan.

Baca juga : Cara Mudah Agar Bangun Lebih Pagi Setiap Hari

3. Streaming Video Dan Upload Video

Menonton video tanpa menyimpannya (Streaming) dan mengupload video sangat membutuhkan banyak kuota, bayangkan saja untuk video berkualitas 420p dengan durasi 20 - 30 menit bisa membutuhkan kuota sampai dengan 100MB bahkan lebih, jika anda mau streaming atau upload sebaiknya setelah smartphone anda terhubung ke koneksi Wifi untuk menghemat kuota anda.

4. Obrolan Video (Video Call)

Saat ini banyak aplikasi yang menyediakan layanan untuk melakukan obrolan melalui video seperti Skype, Line, atau FaceTime. Melakukan obrolan melalui video memang lebih menyenangkan dibanding via audio saja, tetapi hal ini tentu sangat membutuhkan bandwith yang sangat banyak karena untuk satu menit melakukan video call membutuh bandwith hingga 3 MB.

Baca juga : Tips mencari dan memiliki lokasi yang tepat dan strategis untuk membuka usaha

5. Bermain Game Online

Bermain game online via smartphone merupakan faktor utama penyebab kuota cepat habis, untuk memainkan game berjenis reat time action seperti Modern Combat 5 atau Asphalt 8 membutuhkan kuota hingga 1MB per menit, bahkan anda bisa bermain game hingga lebih dari satu jam kan :D

6. Streaming Musik

Rdio dan Guvera adalah layanan untuk mendengarkan musik secara streaming hingga lebih praktis, tetapi hal ini dapat mempercepat habisnya kuota anda, 1 lagu yang berdurasi 4 - 5 menit dengan resolusi 320 Kbps dapat menghabiskan hingga 10 MB. Jadi sebaiknya anda download saja lagu yang anda inginkan agar ketika anda ingin mendengarkannya lagi tidak memerlukan kuota lagi.

Baca juga : Sejarah Singkat Dibentuknya Internet Dan Perkembangan Internet

Ya itulah tips dan cara untuk menghemat kuota internet pada smartphone anda, berhematlah sebelum kuota internet menjadi langkah dan sulit didapatkan. :D

Baca juga tulisan menarik lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar yang relevan. Jika komentar tidak relevan dan mengandung link maka komentar akan saya hapus. Silahkan berikan kritik dan saran anda agar artike di blog ini bisa lebih bermanfaat lagi.