Sabtu, 07 Februari 2015

10 Negara Termiskin Di Dunia

10 Negara Termiskin Dengan Pendapatan PDB Terendah Di Dunia

Pada kesempatan sebelumnya saya sudah membuat artikel tentang Negara Terkaya Di Dunia dan Negara Termaju Di Dunia, maka pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel yang membahas tentang negara termiskin di dunia, suatu negara dapat dibilang negara miskin dapat di nilai berdasarkan dari pendapatan produk domestik bruto, infrastruktur, sumber daya, pendidikan, konflik, hutang, dan beberapa aspek lainnya.

Langsung saja, berikut 10 Negara Termiskin Di Dunia :

1. Republik Demokratik Kongo


Negara Termiskin Di Dunia Pertama Republik Demokratik Kongo

Negara yang terletak di Afrika Tengah dan beribukota di Kinsasha ini adalah negara dengan PDB perkapita yang sangat rendah yaitu hanya sekitar US$ 394.25 menjadikannya sebagai negara termiskin di dunia, selain itu konflik perang saudara di negara ini sejak 1998 merusak banyak infrastruktur sehingga menghambat pertumbuhan ekonomi di negara ini.

Perang ini merupakan perang paling membunuh di dunia setelah perang dunia ke-2 dan dianggap sebagai perang dunia Afrika, di negara ini masih terdapat suku kanibal dan masyarakat setempat mempercayai dengan meniduri seorang perawan dapat menyembuhkan penyakit HIV.

Baca juga : Pengertian Kelangkaan, Penyebab Kelangkaan Dan Cara Mengatasi Kelangkaan

2. Zimbabwe


Negara Termiskin Di Dunia Kedua Zimbabwe

Zimbabwe adalah salah satu negara di Afrika yang tidak memiliki wilayah lautan, Ibukota negara ini adalah Harare dan pendapatan PDB per kapita hanya sekitar US$ 589.46 dan inflasi dolar Amerika terparah terjadi di negara ini, 1 Dollar Amerika dapat ditukarkan dengan 361.900 Dollar Zimbabwe

3. Burundi 


Negara Termiskin Di Dunia Burundi


Di Negara yang beribukota di Bujumbura ini merupakan negara yang memiliki paling banyak konflik di dunia dan afrika, disini perang saudara adalah hal yang biasa dan sebuah konflik yang tidak pernah berakhir, pendapatan PDB perkapitanya juga hanya US$ 648.58, memiliki tekanan penduduk, sumber daya yang sedikit dan lebih dari 80% penduduknya hidup digaris kemiskinan.
93% Pendapatan negara ini berasal dari eksport kopi.

4. Liberia

Negara Termiskin Di Dunia Keempat Liberia

Negara ini terletak di pesisir barat Afrika dan Ibukota dari negara ini adalah Monrovia, Sebagian besar masyarakat di negara ini adalah orang kulit hitam yang berasal dari Amerika Serikat dan bekas seorang budak yang telah dimerdekakan. 

Sistem pemerintahan di negara ini mengikuti sistem pemerintahan yang di terapkan oleh Amerika Serikat, dan bendera Liberia juga terlihat sama dengan bendera Amerika Serikat. Pendapatan PDB perkapita negara ini hanya sebesar US$ 716.04.

5. Eritrea


Negara Termiskin Di Dunia Kelima Eritrea

Ibukota negara ini adalah Asmara, jika dalam bahasa Indonesia asmara berarti cinta mungkin diharapkan agar kota tersebut penduh dengan cinta, tapi kenyataannya tidak seperti itu. Salah satu negara di benua afrika ini masyarakatnya kebanyakan masih hidup digaris kemiskinan dan pendapatan PDB perkapitanya hanya sebesar US$ 792.13

Negara ini pernah dituduh Amerika memiliki hubungan yang sangat erat dengan Al-Qaeda, peperangan di negara ini yang tidak pernah reda dan permasalahan politik membuat ekonomi negara ini lambat berkembang.

Baca juga : Pengertian Ilmu Ekonomi Dan Kegunaan Ilmu Ekonomi

6. Republik Afrika Tengah


Negara Termiskin Di Dunia Keenam Republik Afrika Tengah

Negara ini terletak di pedalaman benua afrika, ibukota negara ini adalah Bangui. Negara ini masih sangat bergantung dengan bantuan dari negara lain, para petani yang lebih suka menjual hasil panennya ke luar negeri menyebabkan masyarakat di negara ini kekurangan bahan pangan.

Masalah terbesar di negara ini adalah penyakit dan kelaparan, pada tahun 2006 pemberontakan di negara ini menyebabkan sekitar 5000 orang mati kelaparan. Pendapatan PDB perkapita negaranya ini hanya sebesar US$827.93.

7. Niger


Negara Termiskin Di Dunia Ketujuh Nigeria

Nama negara ini diambil dari nama sungai Niger, ibukota negara ini adalah Niamey. Negara yang terkurung oleh daratan dan dikelilingi oleh gurun sahara hanya memiliki pendapatan PDB perkapita US$ 853.43

Di negara ini hanya 1:4 orang saja yang mendapatkan pendidikan, dan negara ini merupakan negara pengekspor uranium terbesar di Dunia.

8. Malawi


Negara Termiskin Di Dunia Kedelapan Malawi

Malawi adalah salah satu negara yang terletak di Afrika bagian Selatan, Asal usul nama negara ini tidak diketahui dengan pasti tapi dipercaya nama Malawi berasal dari suku diwilayah selatan afrika, atau terinspirasi dari cahaya matahari yang menyinari danau seperti bendera mereka.

Ibukota negara ini adalah lilongwe, negara ini memiliki pendapatan PDB perkapita sebesar US$ 893.84

9. Madagaskar


Negara Termiskin Di Dunia Kesembilan Madagaskar

Baca juga : Manfaat Menjadi Seorang Blogger

Madagaskar adalah sebuah negara pulau yang berada di pulau Madagaskar di Samudra Hindia, pesisir timur Afrika. Negara yang beribukota di Antananarivo ini memiliki pendapatan produk domestik bruto perkapita sebesar US$ 927.07, pulau-pulau kecil di sekitar negara ini seperti Pulau Tromelin Island, Pulau Europa, Kepulauan Glorioso, Pulau Juan de Nova, , dan Bassas da India juga merupakan wilayah dari Madagaskar.

10. Afghanistan


Negara Termiskin Di Dunia Kesepuluh Afghanistan

Negara kesepuluh termiskin di dunia ini terletak di Asia Tengah, negara ini beribukota di Kabul dengan pendapatan PDB perkapita sebesar US$ 1072.19. Pendapatan negara ini sangat bergantung dengan bidang pertanian dan peternakan, Ekonomi negara ini yang sangat bergantung pada tembakau terganggung akibat perang, dan sekitar lebih dari 70% masyarakat di negara ini hanya memiliki pendapatan sekitar $2 per hari. 


Baca juga tulisan menarik lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar yang relevan. Jika komentar tidak relevan dan mengandung link maka komentar akan saya hapus. Silahkan berikan kritik dan saran anda agar artike di blog ini bisa lebih bermanfaat lagi.