Minggu, 01 Februari 2015

Daftar 10 Negara Terkaya Di Dunia


Daftar Peringkat 10 Besar  Negara Terkaya Di Dunia Saat Ini
Tag : Peringkat Negara Terkaya, Negara Terkaya Di Dunia, Negara Dengan Pendapatan Perkapita Terbesar, Negara Dengan Penghasil Produk Domestik Bruto Terbesar.

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas 10 Negara Termaju Di Dunia maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang 10 Negara Terkaya Di Dunia.

Kekayaan suatu negara dapat dilihat berdasarkan dengan pendapatan Gross Domestic Produk (GDP) atau dalam Bahasa Indonesianya Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita, pendapatan suatu negara dapat berasal dari banyak faktor yaitu hasil tambang, gas alam, pertanian, industri, dan masih banyak lagi. Berikut peringkat 10 besar negara terkaya di dunia saat ini :

1. Qatar
Negara dengan jumlah penduduk sekitar 1,7 juta jiwa ini mencatat PDB perkapita diperkirakan lebih dari 105.091.42 US Dollar, kekayaan Qatar berasal dari besarnya cadangan gas alam dan harga minyak dunia yang semakin tinggi.  Qatar merupakan negara dengan cadangan gas alam terbesar ke 3 didunia, hal-hal tersebut telah menobatkan Qatar sebagai negara terkaya di dunia.


2. Luxemburg
Negara yang hanya memiliki populasi sekitar 500rb jiwa dan dengan daya beli PDB per kapita diatas 81.000 Dollar AS menempati peringkat kedua sebagai negara terkaya di dunia. Pada abad ke 20 negara ini menjadi pusat keuangan, sebagian karena reputasi atas surganya pajak dan kerahasiaan umum perbankan yang sangat ketat.

3. Singapura
Singapura merupakan salah satu pusat bisnis dunia. Negara yang bertetangga dengan Indonesia ini merupakan negara terkaya di dunia dengan pendapatan perkapita mencapai 61.567.28 Dollar Amerika yang sebagian besar berasal dari manufaktur, teknologi, dan financial.


4. Norwegia
Peringkat keempat di tempati oleh Norwegia dengan PDB perkapita 56.663 US Dollar. Negara yang memiliki populasi sebanyak 5 juta jiwa ini memiliki ekonomi yang kuat dan pendapatan negara ini berasal dari gas alam, petroleum, mineral, makanan laut, dll. Norway merupakan negara eksportir terbesar ketiga untuk gas alam, kedelapan untuk minyak mentah, dan kesembilan untuk minyak yang sudah disuling.

5. Brunei Darussalam
Brunei, Negara terkaya kelima di dunia dengan pendapatan PDB perkapita sekitar 55.111 USD, pendapatan negara kecil ini kebanyakan berasal dari minyak bumi dan ladang gas alam yang sangat luas.

6. Amerika Serikat
Hampir semua negara yang tadi disebutkan memiliki populasi yang relatif kecil, tetapi tidak dengan negara terkaya keenam ini yang memiliki populasi lebih dari 300 juta orang dengan pendapatan PDB perkapita sekitar $51.704, pendapatan negara ini berasal dari sektor industri dan dibantu dengan teknologi yang sangat maju.


7. Uni Emirat Arab
Urutan ketujuh untuk negara terkaya di dunia ditempati oleh negara penghasil minyak terbesar, Uni Emirat Arab dengan pendapatan Produk Domestik Bruto perkapita yang mencapai US$49.883.

8. Switzerland
Swiss adalah dengan yang memiliki ekonomi sangat stabil dari tahun ketahun dan memiliki PDB perkapita yang mencapai US $46.474. Kunci kesuksesan mata pencaharian swiss berasal dari Swiss Banking, institusi keuangan, peningkatan sektor pelayanan yang tinggi, tenaga kerja yang trampil, dan manufactur industri menggunakan teknologi tinggi.

9. Kanada
Negara terkaya kesembilan didunia yaitu Kanada, negara terbesar kedua setelah Rusia ini memiliki pendapatan PDB perkapita yang terus meningkat mencapai US $42.317 dengan populasi lebih dari 35 juta orang. Pendapatan negara berasal dari minyak bumi dan industri seperti logging industri, industri pesawat terbang dan industri automobile.


10. Australia
Peringkat kesepulun negara terkaya di dunia ditempati oleh Australia dengan  pendapatan Produk Domestik Bruto perkapita yang terus tumbuh mencapai US$41.954. Ekonomi Austraia berdasarkan sector pelayanan sekitar dan pertanian. Australia merupakan rumah bagi perusahaan besar dunia seperti Commonwealth Bank, National Australia Bank, Telstra, BHP Billiton, Woolworths, dll. Total kekayaan yang dimiliki orang-orang kaya di Australia pada 2013 tercatat sebanyak US$6,4 Triliun.

Ya itulah daftar negara-negara terkaya di dunia untuk saat ini, saya sebagai warga negara Indonesia berharap perekonomian Indonesia bisa terus berkembang dan lebih maju lagi.


Baca juga tulisan menarik lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar yang relevan. Jika komentar tidak relevan dan mengandung link maka komentar akan saya hapus. Silahkan berikan kritik dan saran anda agar artike di blog ini bisa lebih bermanfaat lagi.